Captain America Bukan Hanya Steve Rogers

| Oleh: Yudi | 04 May 2016 - 8:12 AM
3068
0
captain america

Masih dalam nuansa Captain America: Civil War. Dengan segala tindakan heroiknya, Captain America adalah karakter yang melambangkan kekuatan masyarakat Amerika dalam melawan kejahatan dan membela kebenaran. Steve Rogers adalah orang di balik topeng Captain America sejak kemunculannya di tahun 1940. Namun cerita dalam Marvel Universe mencatat Steve Rogers bukanlah satu-satunya orang yang pernah menjadi Captain America. Ini dia yang lainnya!

Isaiah Bradley
Saat Perang Dunia II berlangsung, Amerika Serikat melakukan proyek uji coba serum super soldier bernama Project Rebirth kepada 300 orang tentara kulit hitam. Isaiah Bradley menjadi salah satu dari tujuh tentara yang lulus uji coba dan menjadi tentara super lalu dikirim ke peperangan. Dia kemudian ditangkap dan dihukum seumur hidup karena mencuri kostum Captain America dan memakainya dalam peperangan. Namun 17 tahun kemudian akhirnya Bradley diampuni.

William Nasland: Spirit of ‘76
Kapanpun Steve Rogers tewas, pensiun atau bahkan menghilang, harus ada seseorang yang memakai kostumnya untuk menjaga semangat Captain America tetap hidup. William Nasland adalah orang pertama yang diminta untuk menjadi Captain America setelah hilangnya Steve Rogers pasca Perang Dunia II. Pria yang dikenal dengan julukan Spirit of ’76 ini menjadi Captain America selama dua tahun sebelum akhirnya dibunuh oleh robot.

pemeran captain america

Jeffrey Mace: Patriot
Dibalik profesinya sebagai seorang reporter, Jeffrey Mace turut menegakkan kebenaran melalui identitas bernama Patriot. Setelah kematian William Nasland, Mace yang tak memiliki kekuatan super apapun akhirnya menggantikan posisi Captain America. Jeffrey Mace meninggal akibat kanker yang dideritanya.

William Burnside
William Burnside yang tergila-gila pada sosok Steve Rogers berhasil menemukan serum super soldier ketika berada di Jerman. Pemerintah Amerika Serikat kemudian memberikan kostum Captain America kepadanya untuk berperang di Korea. Dia juga mengganti nama dan melakukan operasi plastik agar wajahnya menyerupai Steve Rogers. Pasca perang, Burnside menjadi gila dan mencoba melakukan pembunuhan pada orang lain, termasuk Bucky Barnes dan percobaan bunuh diri.

Roscoe Simons
Steve Rogers yang memiliki banyak perbedaan pendapat dengan pemerintah Amerika Serikat terkait penangangan skandal Watergate memilih untuk meninggalkan statusnya sebagai Captain America dan membuat identitas baru bernama Nomad. Posisi Steve Rogers kemudian digantikan oleh Roscoe Simons yang menjadi Captain America, sebelum akhirnya Red Skull membunuhnya.

orang yang pernah menjadi captain america

John Walker: U.S. Agent
Steve Rogers kembali meninggalkan Captain America karena merasa pemerintah Amerika Serikat terlalu membatasi tindakannya. Seorang pegulat super bernama John Walker akhirnya dipilih sebagai penggantinya. Sayangnya, Walker menodai sosok Captain America setelah membalas dendam dan menghabisi pembunuh orangtuanya. Walker akhirnya diculik dan Steve Rogers kembali menjadi Captain America. Nantinya, Walker kembali diam-diam sebagai pahlawan U.S. Agent.

Frank Castle: The Punisher
Beberapa saat setelah kematian Steve Rogers, tak ada seorang pun yang menggunakan kostum Captain America. Frank Castle yang mengidolakan Steve Rogers memutuskan membuat kostum Captain America sendiri. Dia secara tak resmi mengambil alih posisi Captain America demi mengenang dan menghormati Steve Rogers. Sayangnya ini semua tak bertahan lama.

Bucky Barnes: The Winter Soldier
Sebelum dicuci otak dan dijadikan Winter Soldier, Bucky Barnes adalah sahabat Steve Rogers selama Perang Dunia II. Untungnya Steve Rogers berhasil mengembalikan ingatan Barness. Karenanya, setelah kematian Steve Rogers, Tony Stark mengirim surat kepadanya dan meminta Barness menjadi Captain America. Barness menerima permintaan tersebut, namun kebanyakan waktunya saat menjadi Captain America justru habis untuk menjalani hukuman akibat tindakan yang dia lakukan saat menjadi Winter Soldier.

Sam Wilson: The Falcon
Ketika kekuatan dan atribut Steve Rogers dilucuti, Sam Wilson sebagai rekannya menggantikan posisi Steve Rogers sebagai Captain America. Wilson berusaha memiliki idealisme yang sama seperti Steve Rogers, sayangnya itu tak selalu berhasil dalam beberapa masalah. Saat Steve Rogers mendapatkan kembali kekuatannya, Wilson tetap memakai kostum Captain America.

.