Bricks Pintar Ini Akan Jadikan Kreasi LEGO Lebih Canggih

| Oleh: Yudi | 09 Jun 2016 - 12:00 PM
286
0
brixo

LEGO memang dikenal sebagai mainan yang tak hanya menyenangkan, namun juga mampu mengasah kreativitas. Berbagai objek bisa dibentuk ulang menggunakan bricks LEGO. Bahkan tak sedikit juga rekor-rekor dunia yang muncul dari permainan konstruksi ini. LEGO sendiri memiliki set khusus yang disebut LEGO Technic, yaitu set untuk membuat model yang lebih kompleks dengan tambahan motor penggerak.

Seiring berkembangnya teknologi, sebenarnya LEGO sudah membuat berbagai perangkat penggerak yang ditenagai batere terutama pada set LEGO Technic. Namun juga mulai banyak pihak ketiga yang berusaha membuat part yang kompatibel dengan LEGO dengan tujuan menjadikan kreasi LEGO jadi lebih menarik karena bisa bergerak seperti GoBrix yang simpel dan murah. Nah, setelah GoBrix, ternyata ada lagi kemunculan bricks pintar yang kompatibel dengan LEGO baru-baru ini. Balok ini diciptakan oleh fisikawan kuantum yang mampu membuat kreasi LEGO kalian menjadi lebih canggih.

balok pintar brixo

Bricks pintar ini adalah produksi sebuah perusahaan bernama Brixo Smart Toys. Mereka menggunakan bricks yang dilengkapi plat krom sehingga mampu menghantarkan listrik untuk menghubungkan baterai dengan perangkat elektronik. Namun tak perlu khawatir tersetrum, karena bricks ini bisa dipegang dengan tangan telanjang layaknya memegang sebuah baterai biasa. Tegangan listrik dari balok ini sangat rendah, yaitu kurang dari 15 volt.

Menariknya memang karena, bricks pintar ini bisa digabungkan dengan bricks LEGO. Ada bricks pintar yang disebut action blocks, berisikan motor sebagai penggerak objek kreasi atau berisikan LED untuk menghiasi desain LEGO. Lalu ada yang disebut trigger blocks, dengan muatan berupa suara, lampu, dan sensor jarak. Fungsinya agar kreasi LEGO mampu merespon lingkungan sekitar dan menerima koneksi wireless, seperti Bluetooth.

Jika seluruh bricks pintar ini dikombinasikan dengan set LEGO Technic–termasuk rotor, batang bergigi, roda, atau komponen lainnya, maka kita bisa menciptakan sebuah mesin sederhana, seperti mesin derek atau kincir air. Ditambah dengan kemampuan koneksi wireless, kalian bisa mengontrol mesin atau kreasi tersebut melalui smartphone atau bahkan dari internet.

set lego technic

Sang penemu Brixo, Boaz Almog, juga turut mengatakan bahwa Brixo memungkinkan kita untuk membuat kreasi IOT (Internet Of Things)–sebuah konsep di mana suatu objek memiliki kemampuan mentransfer data melalui jaringan tanpa interaksi langsung, dengan pembelajaran sederhana namun memiliki fleksibilitas mekanis dan elektronik yang maksimal.

Tiap dus Brixo dilengkapi dengan buku instruksi dan saran untuk membuat model dasar, seperti mobil, helikopter, atau jam ber-alarm. Ke depannya, Almog akan membuat bricks Brixo yang mampu mengenali suara atau mengeluarkan bunyi. Perusahaan ini juga tengah mengembangkan software yang memungkinkan para progamer untuk menulis aplikasi dan program lain yang bisa memanfaatkan kecanggihan bricks Brixo.

Nah, berbicara soal bricks yang kompatibel dengan LEGO dan bikin kreasi LEGO kita tambah seru, simak juga artikel Bikin Kreasi LEGO Lebih Fleksibel Dengan Bricks Flexo.