Boneka Canggih Hello Barbie Rawan Kena Hack?

| Oleh: Joy | 02 Dec 2015 - 2:00 PM
41
0
hello barbie

Beberapa waktu lalu, Kupaman pernah menulis tentang si boneka cantik yang high tech ini. Ya, Hello Barbie adalah boneka canggih yang bukan cuma cantik tapi juga cerdas. Soalnya mampu merespon pembicaraan pemiliknya dengan lewat kecerdasan buatan. Sayangnya ada indikasi kalau Hello barbie ini berpotensi diretas oleh hacker!

Maksud hati Mattel selaku pembuat Hello Barbie adalah memberikan mainan Barbie yang interaktif. Makanya disisipkanlah perangkat canggih agar si boneka cantik ini dapat merespon obrolan pemiliknya seperti layaknya teknologi Siri yang digunakan oleh Apple.

hello barbie

Untuk itu si Barbie pintar harus terhubung dengan internet via jaringan Wi-Fi agar bisa nyambung dengan kecerdasan buatan di server ToyTalk. Makanya respon yang diberikan Hello Barbie bukan cuma jawaban yang itu-itu aja alias jawaban yang sudah terekam. Tapi seakan mampu jadi pendengar yang baik, sehingga asik diajak curhat.

Namun nampaknya kemampuan Hello Barbie yang mengandalkan koneksi internet via Wi-Fi justru jadi titik rawan keamanannya. Menurut seorang peneliti keamanan di Amerika Serikat, Matt Jakubowski, koneksi via Wi-Fi inilah yang membuat Hello Barbie rentan diretas hacker. 

hello barbie

Menurutnya inilah yang bikin seorang hacker akan relatif mudah mememasuki sistem informasi Hello Barbie, informasi akun, dan data rekaman audio. Tapi yang paling bahaya adalah si hacker akan mampu mengakses mikropon. Takutnya, si hacker bisa mengendalikan apa yang akan dikatakan oleh Hello Barbie. Hmm, bahaya juga sih, kalau si hacker nanti tanpa diketahui menyuruh si pemilik Hello Barbie untuk melakukan hal yang tidak baik.

Bahaya lain yang dikhawatirkan adalah pelanggaran privacy. Sebab ditakutkan si hacker malah mengintai si pemilik Hello Barbie. Maklum kalau bisa mengakses audio si Hello Barbie, sang hacker bisa menguping seluruh pembicaraan pemilik Hello Barbie.

Untungnya, pihak ToyTalk lewat chief executive-nya, Oren Jacob mengatakan hal itu belum terbukti terjadi. Ya semoga deh, Hello Barbie enggak gampang diretas hacker!

.