Bingung Mau Ber-Cosplay? Pahami Dulu Jenis-jenis Cosplay!

| Oleh: Yudi | 14 Apr 2015 - 12:15 PM
1475
0
jenis cosplay anime

Bagi yang ingin ber-cosplay untuk pertama kali, bisa jadi masih bingung akan memerankan karakter apa. Sebab banyak sekali karakter dalam manga, anime dan game. Ternyata cosplay juga banyak jenisnya. Mungkin jenis salah satu cosplay berikut bisa dijadikan pertimbangan.

Cosplay Anime atau Manga
Ini adalah cosplay yang paling umum dan termasuk mudah, karena banyak pilihan karakter dari anime maupun manga dan doujinshi. Selain dari anime atau manga Jepang, ada juga yang memilih karakter dari animasi dan komik Amerika.

jenis cosplay tokusatsu

Cosplay Tokusatsu
Salah satu cosplay yang juga populer, terutama bagi laki-laki. Diambil dari jagoan film tokusatsu (istilah dalam bahasa Jepang untuk special effects dan seringkali digunakan untuk menyebut film sci-fi/fantasi/horor live-action produksi Jepang), seperti Kamen Rider atau Super Sentai.

cosplay game

Cosplay Game
Sesuai judulnya, cosplay ini diambil dari karakter sebuah game, contohnya Cloud (Final Fantasy 7), Dante (Devil My Cry), Jin (Tekken), Crystal Maiden (DOTA 2) dan masih banyak lagi.

cosplay gothic

Cosplay Gothic
Cosplay bertema dan bernuansa dark atau gothic, biasanya digabung dengan lolita. Cosplayer jenis ini umumnya perempuan. Karena ciri khas kostumnya berupa gaun berwarna gelap. Contohnya, Misa Amane (Death Note), Kurumi Tokisaki (Date A Live) dan masih banyak lagi.

cosplay mecha

Cosplay Mecha
Cosplay yang berfokus pada karakter mecha, umumnya Gundam atau Patlabor dan karakter robot-robot lainnya. Butuh waktu lama dan perlengkapan lebih banyak untuk membuat kostum mecha.

cosplay kirigumi

Cosplay Kigurumi/Dollier
Kalau biasanya cosplayer menggunakan makeup, jenis kigurumi ini menggunakan topeng full-face. Bahkan terkadang memakain body suit (zentai suit) untuk menutupi seluruh anggota badan, sehingga sangat mirip dengan karakter aslinya.

jenis cosplay harajuku

Harajuku Style
Meskipun masih samar-samar untuk jenis cosplay ini, beberapa cosplayer sering menduga Harajuku style adalah bagian dari cosplay. Beberapa Harajuku style juga muncul di manga/anime.
Kalau biasanya cosplayer menggunakan makeup, jenis kigurumi ini menggunakan topeng full-face. Bahkan terkadang memakain body suit (zentai suit) untuk menutupi seluruh anggota badan, sehingga sangat mirip dengan karakter aslinya.

cosplay original character

Original Character
Menciptakan karakter cosplay sendiri yang benar-benar original, tidak ada di anime, tokusatsu dan lainnya. Biasanya sering disebut cosplay OC (Original Character). Tapi dalam perlombaan, biasanya jenis cosplay ini dilarang karena dianggap tidak memiliki tema.

.