Bikin Kreasi LEGO Lebih Fleksibel Dengan Bricks Flexo

| Oleh: Yudi | 30 Sep 2016 - 6:00 AM
92
0
flexo

Belakangan makin banyak perusahaan pihak ketiga yang memproduksi bricks untuk dipasangkan dengan LEGO. Meskipun memang tak berafiliasi atau mendapat lisensi resmi dari pihak LEGO, namun nyatanya bricks tersebut cukup diminati beberapa kalangan. Fungsi khusus yang mereka tawarkan tentunya menjadi kelebihan dari bricks-bricks tersebut.

Contohnya bricks pintar yang diproduksi Brixo atau GoBrix. Memiliki fungsi serupa–untuk menggerakan kreasi LEGO, bricks yang kompatibel dengan LEGO ini tentu menjadi pilihan para builder yang senang membuat kreasi bergerak.

parts bricks flexo

Sebuah perusahaan asal New Zealand turut memperkaya kreasi LEGO dengan bricks mereka yang dinamakan Flexo. Ini bukan bricks pintar seperti Brixo atau GoBrix. Mereka hadir dengan sesuatu yang tak kalah unik, yaitu fleksibilitas. Seperti yang telah diketahui, kita bisa membuat kreasi apapun dengan LEGO. Namun hasilnya tentu saja kaku dan tak fleksibel.

Flexo hadir sebagai jalan keluar bagi yang ingin membuat kreasinya lebih fleksibel. Flexo memadukan dua item; construction brick dan flexible joint. Flexible joint berbentuk seperti kabel karet dan memiliki empat ukuran panjang berbeda. Ini merupakan bagian terpenting dari Flexo yang membuatnya lentur.

Ide pembuatan Flexo ini rupanya muncul dari tempat tak biasa, yaitu klinik fisioterapi. Mark, sang pembuatnya, terinspirasi dengan susunan otot manusia. Dia menemukan hal menarik, bahwa tubuh manusia yang terdiri dari tulang bisa bergerak fleksibel dengan bantuan otot. Inilah yang kemudian diaplikasikan dalam pembuatan Flexo.

kreasi bricks flexo

Mark berpikir, bahwa dengan menambahkan aspek fleksibilitas kreasi LEGO akan menjadi lebih menarik dan sempurna. Sama seperti produksi pihak ketiga lainnya, Flexo juga kompatibel dengan semua bricks LEGO. Builder bisa membuat kreasi seperti bola, ketapel, hingga busur panah atau apapun yang memerlukan kelenturan.

Berhubung masih dalam tahap project pengembangan, jadi untuk saat ini Flexo baru bisa dibeli melalui situs Kickstarter. Jika berminat, kalian bisa mendapatkan Flexo beginner pack seharga $30 NZD (sekitar Rp 282 ribu). Dalam satu pack ini berisi beberapa lusin bricks dan flexible joint untuk dikreasikan.