Bikin Kreasi LEGO Bisa Bergerak Dengan GoBrix

| Oleh: Willy | 02 Mar 2016 - 5:00 PM
362
0
starter set gobrix

Para pecinta LEGO yang terlanjur doyan membuat kreasi alias MOC (My Own Creation) bisa jadi agak kesulitan untuk membuat kreasinya bisa bergerak dan bisa dikendalikan. Apalagi buat yang suka bikin MOC LEGO bertema kendaraan atau mecha. Padahal dengan menambahkan perangkat motor listrik dan remote control, MOC LEGO berbentuk ken daraan atau mecha bisa jadi lebih menarik.

Maklum, alternatif bukannya enggak ada. Bisa aja mencomot motor listik dan remote controlnya sekalian dari set LEGO yang dilengkapi motor, servo dan perangkat R/C. Misalnya dari LEGO Technic. Tapi kalau beli set hanya untuk diambil perangkatnya, jelas harganya enggak ekonomis. Soalnya harga setnya sudah mahal. Bisa juga beli perangkat motor listrik, servo, dan remote-nya saja, tapi ya nunggu ada yang jual peretelannya di online. Harganya juga enggak murah-murah amat.

remote control gobrix

Kalau dana tak terbatas dan mau lebih canggih lagi sih, tinggal beli LEGO Mindstorm aja. Dijamin puas karena bisa diprogram sekalian kayak robot. Tapi pilihan-pilihan di atas jelas bukan pilihan bagi penyuka MOC LEGO berkantong pas-pasan. Apalagi buat pemula yang hanya ingin belajar bersenang-senang dengan kreasinya. Buat mereka, solusi lebih murah yang diperlukan.

Mungkin melihat hal ini, Think Geek meluncurkan GoBrix R/C Building Blocks, sebuah paket berisi sepasang motor listrik terintegrasi dalam bentuk bricks, sepasang roda, sepasang remote control sederhana. Cara pakainya super gampang, tinggal pasangkan saja motor listriknya pada kreasi LEGO yang ada. Atau justru ciptakan kreasi baru berdasarkan GoBrix ini.

kreasi LEGO dengan gobrix

Walau simpel, kontroler alias remote control GoBrix sudah support sampai 4 frekwensi A, B, C, D. Juga karena bentuknya mirip bricks remote control ini bisa dijadikan satu untuk membentuk remote yang lebih besar. Makanya kalau punya 4 remote,  bisa mengontrol sampai 4 motor listrik secara mandiri.

Enaknya lagi, bukan hanya buat LEGO, GoBrix juga bisa dipasangkan pada semua mainan konstruksi berbentuk bricks yang kompatibel dengan LEGO seperti MEGA Bloks, KRE-O dan lain sebagainya. Sudah begitu harganya murah. Starter set GoBricks hanya berharga 30 Dolar (sekitar Rp 400 ribuan). Sedangkan paket tambahan motor listrik dan remote control-nya hanya 20 Dolar (sekitar Rp 260 ribuan). Kalau minat, bisa pesan langsung ke website Think Geek.

Nah, berbicara mengenai bricks yang kompatibel dengan LEGO, ada yang tak kalah menarik di artikel Bikin Kreasi LEGO Lebih Fleksibel Dengan Bricks Flexo.

.