Berkat PlayStation Now Game Eksklusif PlayStation Akan Bisa Dimainkan di PC

| Oleh: Yudi | 25 Aug 2016 - 6:00 PM
302
0
playstation now hadir untuk pc

Bermain game bisa menjadi cara untuk mengisi waktu luang atau refreshing. Perkembangan teknologi juga memberi banyak cara untuk bermain game. Jika dulu bermain game umumnya melalui mesin arcade, konsol atau PC, sekarang handheld dan smartphone pun bisa dipakai bermain game. Bahkan jumlah penggunanya lebih banyak, karena dirasa lebih simpel.

Mesin konsol yang relatif besar, berat dan butuh daya tambahan membuat mereka perlahan ditinggalkan. Melihat hal ini, beberapa perusahan game ternama seperti Sony dan Microsoft tak tinggal diam. Mereka berlomba membuat mesin konsol yang lebih compact namun tetap powerful.

Awal Agustus kemarin, Microsoft lebih dulu merilis Xbox One S yang merupakan versi slim dari Xbox One. Sementara beberapa hari ini jagad game dihebohkan dengan kemunculan foto yang diduga PlayStation 4 Slim. Namun keaslian dari konsol ini masih menjadi pertanyaan karena belum ada konfirmasi secara resmi dari pihak Sony.

sony kenalkan dualshock 4 usb wireless adaptor

Sony justru memberi kabar terbaru melalui blog resminya tentang perilisan PlayStation Now untuk PC. PlayStation Now adalah aplikasi berbasis cloud gaming yang dikembangkan oleh Sony sejak tahun 2014. Dengan munculnya kabar ini, maka sebentar lagi player bisa mengakses game yang ada di PS Now Library untuk dimainkan di PC atau laptop.

PS Now akan membawa game-game PS untuk dimainkan secara ekslusif di Windows PC. Sebagai permulaan, judul seperti Uncharted, God of War, dan Ratchet & Clank telah disiapkan untuk PS Now. Kawasan Eropa menjadi sasaran pertama perilisan aplikasi ini, yang kemudian disusul kawasan Amerika Utara.

Bersamaan dengan PS Now yang akan hadir di PC, Sony juga memperkenalkan sebuah perangkat baru bernama DualShock 4 USB Wireless Adaptor. Perangkat yang bentuknya mirip flashdisk tersebut berfungsi sebagai penghubung wireless antara controller DualShock 4 dengan PC atau Mac. Perangkat ini juga dilengkapi berbagai fitur canggih.

playstation now memungkinkan bermain playstation menggunakan pc

Menurut Sony, DualShock 4 USB Wireless Adaptor dapat meningkatkan pengalaman menggunakan PS Now untuk PC. Sebagai aplikasi, PS Now untuk PC memerlukan beberapa spesifikasi khusus agar bisa beroperasi dengan baik. Dan berikut adalah spesifikasi PC yang direkomendasikan Sony.

Windows 7 (SP1), 8.1 or 10
3.5 GHz Intel Core i3 or 3.8 GHz AMD A10 or faster
300 MB or more; 2 GB or more of RAM
Sound card; USB port
A minimum 5Mbps connection

DualShock 4 USB Wireless Adaptor akan dirilis sekitar September dengan harga $24.99 Dolar (sekitar Rp 331 ribu). Sedangkan PS Now untuk PC sendiri belum mendapat tanggal perilisan yang pasti. Dengan hadirnya PS Now untuk PC, maka laptop bisa menggantikan kehadiran mesin konsol yang berat dan kurang praktis.