Berkat Glitch, Player Ini Mampu Jelajahi Satu Benua di Game Final Fantasy XV

| Oleh: Yudi | 11 Jan 2017 - 4:41 PM
355
0
seorang player menjelajahi seluruh wilayah nifelheim final fantasy xv

Bagi gamer, glitch seringkali membuat jengkel dan mengganggu jalannya permainan. Namun tak jarang juga justru menjadi keuntungan tersendiri jika berhasil menemukan celah yang tepat. Seperti yang terjadi pada pemilik akun YouTube bernama Fotm Hero ini. Dengan memanfaatkan glitch, dia berhasil mengeksplorasi dunia Final Fantasy XV lebih luas.

Dunia Final Fantasy XV (World of Eos) memiliki beberapa benua yang terdiri atas beberapa wilayah. Meskipun Final Fantasy XV berkonsep open-world, namun tak semua wilayah bisa begitu saja dijelajahi. Karena World of Eos bisa dikatakan memiliki skala 1:1, yang artinya jika menjelajahi seluruh daratan, sama dengan manusia menjelajahi seluruh Bumi.

final fantasy xv memiliki map yang sangat luas

Fotm Hero mencoba menunjukan seberapa besar wilayah Kerajaan Niflheim. Dengan bantuan glitch, dia berhasil menjelajahi hampir seluruh wilayah di benua kedua, Cartanica. Setidaknya butuh waktu lebih dari satu jam untuk menjelajahi beberapa wilayah yang terdiri dari Tenebrae, Eusciello, Pagla, Piztala dan lainnya. Fotm Hero telah meng-upload penjelajahannya tersebut ke YouTube.

Jika dilihat, mungkin video ini awalnya membosankan. Namun semakin jauh Noctis berjalan, semuanya perlahan menjadi menarik. Rupanya beragam tipe daratan, seperti padang rumput (sabana) ala Afrika hingga padang salju (tundra) ala Rusia bisa ditemui di Niflheim. Video penjelajahan ini juga menunjukan banyaknya wilayah kosong dan tak terpakai berisi rel kereta yang melayang.

Cartanica sendiri sebetulnya baru bisa dijelajahi ketika cerita masuk ke Chapter 10 (The Heart of a King). Namun tetap saja tak semua wilayah bisa dijelajahi tanpa bantuan glitch. Fotm Hero berhasil menggunakan out-of-bounds glitch untuk keluar dari tembok tak terlihat di area pertambangan (mine area). Dari situlah penjelajahannya dimulai.

menjelajahi map ffxv dengan bantuan glitch

Beberapa player Final Fantasy XV merasa sedih setelah melihat video tersebut. Mereka sangat menyayangkan karena banyak wilayah yang seharusnya bisa “diisi” sesuatu harus berakhir sia-sia. Mereka juga menganggap Square Enix terlalu terburu-buru dalam merilis Final Fantasy XV, sehingga tak cukup waktu untuk menyelesaikan semuanya.

Mereka berharap direktor Final Fantasy XV, Hajime Tabata, berbuat sesuatu tentang ini. Misalnya menyempurnakan wilayah tersebut melalui rangkaian update dan DLC sesuai rencana sebelumnya. Bicara soal glitch dan bug, ini bukan pertama kalinya dialami Final Fantasy XV. Kejadian lebih parah sempat dialami ketika Square Enix merilis versi demo-nya (Judgement Disc).

Simak juga Mengintip Serunya Karnaval Moogle dan Chocobo di Game Final Fantasy XV.

.