Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Cosplay Menjadi Karakter Game?

| Oleh: Yudi | 27 Sep 2016 - 8:15 PM
275
0
cosplay mario dan pokemon red

Aktivitas cosplay atau costum play memang masih menjadi hobi yang menarik untuk dilakukan. Salah satu alasan utamanya tentu saja karena aktivitas ini membebaskan kita dalam berkarya dan berekspresi. Tak ada batasan dalam cosplay. Kita bisa menjadi siapapun yang disukai, baik dari karakter anime, manga, game, bahkan karakter original hasil ilustrasi sendiri.

Meskipun penuh kebebasan, bukan berarti cosplay bisa dilakukan asal-asalan. Aktivitas ini menuntut banyak perhatian dan ketekunan, hingga perencanaan matang. Hal yang selalu jadi pertimbangan adalah bagaimana memiliki kostum untuk karakter yang akan di-cosplay-kan. Jawabannya ada dua; membuat sendiri atau membeli.

cosplay assassin's creed dan tomb raider

Jika membeli, pasti ujungnya berbicara masalah biaya. Pernahkah terpikir berapa uang yang harus kita keluarkan untuk membeli set kostum dari karakter popular seperti Mario, Ash, atau Link? Dengan kalkulasi berikut, mungkin kalian bisa menghitung berapa biaya yang dibutuhkan jika membeli set kostum yang siap pakai.

Diawali dari yang paling sederhana, yaitu set kostum Mario. Terdiri dari lima item (topi, kaos, luaran, sarung tangan, dan aksesoris lain) yang diperkirakan bertotal 162 Dolar (sekitar Rp 2 juta). Lalu set kostum Ash Ketchum, terdiri dari enam item (topi, jaket, sarung tangan, jeans, sneaker, dan pokedex) dan diperkirakan bertotal 600 Dolar (sekitar Rp 7,7 juta).

Ingin meng-cosplay-kan karakter yang sedikit garang? Ada set kostum Altaïr Ibn-La’Ahad dari Assassin’s Creed. Berjumlah delapan item, keseluruhan set ini diperkirakan mencapai 865 Dolar (sekitar Rp 1,1 juta). Atau untuk perempuan bisa memilih set kostum Lara Croft yang sama-sama berjumlah delapan item, dengan perkiraan mencapai 2.450 Dolar (sekitar Rp 31 juta).

cosplay metroid dan halo

Bagi cosplayer tingkat pro dan sultan, rasanya tak boleh ketinggalan set kostum futuristik milik Samus Aran dari game Metroid. Meskipun hanya berjumlah lima item, namun total biaya yang harus dikeluarkan diperkirakan mencapai 82 juta Dolar (sekitar Rp 1 triliyun). Jika belum puas masih ada set kostum termahal milik Master Chief dari game Halo yang mencapai 100 juta Dolar (sekitar Rp 1,2 triliyun).

Terlalu mahal? Bagaimana jika mencoba ber-cosplay menjadi Trevor ala GTA. Cukup merogoh kocek144 Dolar (sekitar Rp 1,8 juta). Atau kalau masih kemahalan mungkin cosplay menjadi Donkey Kong bisa jadi jalan keluar. Cukup membeli dasi dan pisang, yang totalnya diperkirakan 19 Dolar (sektiar Rp 245 ribu). Ternyata cosplay memang hobi yang cukup mahal, ya? Maklum saja, segala perlengkapan coslpay yang disebutkan di atas adalah yang berlisensi asli. Terlihat cukup wah, tapi memang begitulah kenyataannya kalau mau benar-benar asli.

Simak juga Lima Toko Cosplay Terbaik dan Terbesar di Jepang Ini Ibarat Surganya Cosplayer.