Benarkah Download Pokemon GO Ilegal Berpotensi Terkena Banned?

| Oleh: Yudi | 10 Jul 2016 - 12:00 PM
5533
0
bermain pokemon go melalui apk akan di-banned

Pokemon GO adalah bukti nyata di mana sebuah game bisa menjadi sangat populer dan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Setelah perilisannya beberapa hari lalu, hampir seluruh penggemar Pokemon di dunia menjadi sangat antusias. Banyak sekali screenshot dari game ini yang muncul di media sosial. Sayangnya, game ini baru dirilis secara resmi untuk negara Amerika, Jepang, Australia, dan New Zealand.

Tapi siapa yang bisa menahan diri untuk menangkap Pikachu dan lainnya? Dari sinilah muncul permasalahan. Karena ternyata banyak sekali player di luar negara tersebut yang memainkan Pokemon GO secara tak resmi dengan men-download APK (Android Application Package) file-nya. Namun kabarnya pihak Niantic Labs tak tinggal diam akan hal ini.

rumor seputar pokemon go

Pokemon GO merupakan game smartphone berkonsep Augmented Reality (AG) yang menggunakan algoritma berdasarkan lokasi pemainnya. Seharusnya, Pokemon GO baru bisa dimainkan oleh mereka yang tinggal di negara Amerika, Jepang, Australia, dan New Zealand. Namun dengan men-download APK file, semua orang jadi bisa bermain. Ini adalah tindakan ilegal, dan rumorrnya pihak Niantic Labs tak tinggal diam akan hal ini.

Meskipun hanya rumor, namun mereka diduga telah “menandai” player yang memainkan Pokemon GO ilegal dan memberi beberapa sanksi. Salah satu rumor paling kuat mengatakan, bahwa Niantic akan melakukan banned permanen bagi player yang memainkan Pokemon GO menggunakan APK file. Hal ini sangat-sangat mungkin dan wajar terjadi, karena Niantic Labs adalah salah satu developer yang dikenal ketat dalam melakukan banned.

Rumor lain turut mengatakan bahwa banned akan dilakukan dalam skala lebih besar, yaitu satu negara. Filipina menjadi contohnya. Kabar di-banned-nya Filipina oleh Niantic menjadi sangat viral. Entah betul-betul di-banned atau server game yang down karena overload, namun salah satu player mengatakan bahwa mereka tetap bisa menjalankan game, tapi tak ada satupun Poke Stop yang muncul. Mungkinkah Filipina telah di-banned? 

Namun juga ada kemungkinan hal itu terjadi karena server Pokemon GO memang baru disiapkan untuk dimainkan di Amerika, Jepang, Australia, dan New Zealand. Maka server harus diamankan dari lonjakan pengguna dari negara lain. Maklum lonjakan tajam pengguna dari negara lain yang sebenarnya belum dapat giliran rilis resmi Pokemon GO sangat mungkin mempengaruhi performa Pokemon GO di Amerika, Jepang, Australia, dan New Zealand. Sangat wajar jika sebagai langkah pengamanan, Niantic akan menonaktifkan pengguna Pokemon GO dari luar negara yang sudah mendapat rilis secara resmi.

alasan tak memainkan pokemon go menggunakan apk

Selain sanksi banned, sebetulnya masih ada beberapa alasan yang sebaiknya dipertimbangkan untuk tak memainkan Pokemon GO menggunakan APK file. Pertama, server Pokemon GO saat ini memang belum mampu melayani banyaknya player. Hal ini berdampak pada masalah login yang seringkali gagal atau game yang tak berjalan lancar. Kedua, men-download APK file berpotensi membawa malware berbahaya ke dalam smartphone kita.

Beberapa pengguna Android atau iPhone juga merubah setting region agar bisa memainkan Pokemon GO secara resmi. Trik ini dianggap paling aman, hingga muncul berita yang mengatakan bahwa player yang melakukan ini, seluruh progress game-nya akan hilang. Memang rasanya buat yang lebih suka main aman, lebih baik bersabar dan menunggu waktu perlisan resminya untuk Indonesia. Walaun sebenarnya mana tahan juga, sih. Ehehehe!

Nah, sementara itu di negara-negara dimana Pokemon GO sudah resmi dilirils malah banyak Kejadian-kejadian Aneh Seputar Game Pokemon GO.

.