Begini Reaksi Nintendo Atas Insiden Video Unboxing Nintendo Switch Sebelum Waktu Rilisnya

| Oleh: Yudi | 21 Feb 2017 - 6:45 PM
212
0
video unboxing nintendo switch bocor sebelum rilis resmi

Beberapa hari kemarin beredar video unboxing Nintendo Switch, mulai dari perangkat, tampilan menu, user interface, pengaturan sistem, hingga kustomisasi profil akun Nintendo Mii . Salah satu video ini diunggah oleh pria pemilik akun NeoGAF bernama hiphoptherobot. Dia mengaku mendapat kiriman konsol tersebut dua minggu lebih awal dari jadwal perilisan resminya dari sebuah toko tak dikenal.

Setelah video hiphoptherobot ramai dibicarakan, tak lama kemudian muncul video unboxing lainnya dari FloKo. Dibanding milik hiphoptherobot, video ini berdurasi lebih lama dan kontennya sedikit lebih lengkap. Namun intinya tetap sama-sama membahas tampilan Nintendo Switch dari segi menu dan sistem.

video unboxing nintendo switch menggunakan konsol curian

Ketika video-video unboxing tersebut beredar, belum ada tanggapan resmi dari pihak Nintendo. Memang sedikit mengherankan, karena Nintendo biasanya sangat sigap jika bicara soal hal-hal penyelewengan semacam ini. Lihat saja bagaimana mereka bereaksi terhadap game-game Pokemon fanmade semisal Pokemon Prism, atau terhadap player yang melakukan kecurangan dalam game Pokemon Sun And Moon.

Namun keheranan tersebut tak berlangsung lama. Nintendo langsung memberikan klarifikasi terkait konsol Nintendo Switch yang didapatkan hiphoptherobot. Melalui situs IGN, mereka menjelaskan bahwa telah terjadi pelanggaran hukum yang menyebabkan konsol tersebut “bocor” dan terjual di pasaran sebelum waktunya. Berikut klarifikasi lengkap dari pihak Nintendo terkait insiden tersebut.

Awal minggu ini, seseorang telah mengaku melakukan pembelian Nintendo Switch secara prematur (sebelum waktunya) dari sebuah toko yang tak tak jelas. Pihak kami (Nintendo) memastikan bahwa unit ini telah dicuri oleh karyawan bagian distributor untuk Amerika, yang kemudian dijual kembali. Karyawan tersebut telah diidentifikasi, diberhentikan dan sedang dalam penyelidikan atas dugaan tindak kriminal dan pelanggaran hukum.

Nintendo Switch akan dirilis secara global pada tanggal 3 Maret 2017, dan ketika tiba waktunya, kami berharap seluruhnya bisa menemukan jawaban dari sistem terbaru ini.

pemilik video unboxing akan kembalikan nintendo switch kepada nintendo

Pada awalnya, user NeoGAF lainnya menganggap klarifikasi tersebut terkesan menyalahkan hiphoptherobot atas kepemilikan Nintendo Switch-nya. Namun hiphoptherobot akhirnya menjelaskan bahwa konsol tersebut ternyata memang barang curian dan sudah sepantasnya jika Nintendo memintanya kembali. Hiphoptherobot juga mengaku bahwa dirinya berjanji akan mengembalikan konsol tersebut kepada Nintendo.

“Saya mengerti mengapa mereka menginginkan (konsol itu) kembali. Konsol ini didapat melalui cara ilegal sebelum diberikan ke saya. Saya akan mengembalikannya dan saya tak mempermasalahkan hal itu,” ujarnya dalam sebuah posting-an di NeoGAF. Saat membuat video tersebut, Hiphoptherobot juga mengaku tak mengetahui bahwa konsol yang diberikan tersebut adalah hasil curian.

Simak juga yang tak kalah menarik di Yuk, Mengenal Lebih Dekat Fakta Konsol Terbaru Nintendo Switch!

.