Bearing 188 Untuk Fidget Spinner Memang Lebih Kecil Tapi Dipercaya Berputar Lebih Lama!

| Oleh: Willy | 19 May 2017 - 6:00 AM
15504
0
perbandingan bearing fidget spinner 608 dengan bearing r188

Seperti yang pernah Kupaman bahas sebelumnya, umumnya Fidget Spinner memang dibekali dengan center bearing atau bearing poros berukuran 608. Bearing berkode 608 memang menjadi standar bagi kebanyakan Fidget Spinner.

Dengan diameter luar berukuran 22 mm, bearing alias laher Fidget Spinner ukuran 608 mudah dikenali lantaran ukurannya yang besar. Namun bukan berarti semua Fidget Spinner memakai ukuran 608, loh! Soalnya ada juga sejumlah Fidget Spinner “aneh” yang menggunakan center bearing berukuran jauh lebih kecil.

adaptor bearing fidget spinner ukuran r188

Nah, rupanya Fidget Spinner tersebut memang menggunakan ukuran bearing yang berbeda yaitu ukuran r188. Dibandingkan bearing 608 yang berdiameter 22 mm, bearing r188 memang jauh lebih kecil. Diameternya hanya 12,7 mm saja. Kecil banget, kan?

Lalu kenapa ada Fidget Spinner yang memakai bearing r188? Tentu saja ada alasannya. Bagi beberapa kalangan, mereka mempunyai argumen bahwa penggunaan bearing r188 akan meningkatkan kemampuan putaran Fidget Spinner jadi lebih lama.

Landasan pemikirannya adalah dengan ukuran center bearing yang lebih kecil, maka massa akan lebih banyak terkonsentrasi di bodi Fidget Spinner dan pada akhirnya akan meningkatkan gaya sentrifugal dari Fidget Spinner itu sendiri.

bearing r188 dipercaya bikin fidget spinner berputar lebih lama

Argumen lainnya adalah dengan center bearing yang lebih kecil seperti r188, maka bola-bola di dalam bearing ukurannya akan lebih kecil. Karena itu daya geseknya akan jauh lebih kecil pula yang ujung-ujungnya menghasilkan  Fidget Spinner yang berputar lebih lama. Apalagi jika dipadukan dengan bodi Fidget Spinner dari metal yang berat.

Mungkinkah kita mengganti bearing Fidget Spinner standar yang ber-bearing 608 menjadi memakai bearing r188 yang lebih kecil? Jawabannya bisa, kok! Cuma tentu saja bearing standar 608 harus dilepas dulu dan bearing r188 enggak bisa langsung dipasang. Tapi memakai semacam adaptor dulu. Jangan lupa juga, cap alias penutup bearing juga harus pakai yang sesuai dengan bearing r188, ya!

Nah, ngomongin bearing Fidget Spinner, enggak selamanya juga cuma untuk memperlama waktu putaran alias spin time. Tapi juga buat tampilan seperti di artikel Pakai Side Bearing Warna-warni Bikin Fidget Spinner Makin Aksi.

.