Battle of Surabaya: Film Animasi Lokal Kualitas Internasional

| Oleh: Dante | 13 Aug 2015 - 1:15 PM
138
0
film animasi lokal battle of surabaya

Dunia animasi Indonesia dua tahun terakhir ini sedang menggeliat. Bulan Agustus 2015 ini juga ada kabar yang menggembirakan dari animasi 2D karya anak bangsa. Yakni akan mencoba memulai gebrakan bersejarah dengan menyajikan film animasi pertama bertema kepahlawanan yaitu film animasi layar lebar Battle of Surabaya.

Seperti kita ketahui sebelumnya Battle of Surabaya versi trailernya saja telah menyabet berbagai penghargaan bergengsi dunia. Seperti International Movie Trailer Festival di tahun 2013 dan Hollywood Golden Trailer Awards di tahun 2014. Kalau trailernya saja sudah memenangkan berbagai perhargaan bergengsi, bisa dibayangkan dong jika filmnya sudah dirilis nanti?

film battle of surabaya

Battle of Surabaya adalah produksi dari MSV Pictures yang merupakan anak perusahaan dari kampus STMIK Amikom Yogyakarta. Proses pengerjaan film animasi dengan tagline "There is no glory in war” ini melibatkan sekitar 180 orang animator yang terdiri dari mahasiswa, dosen, alumnus dan beberapa animator profesional.

Dengan total biaya produksi secara keseluruhan mencapai Rp 15 milyar selama tiga tahun proses pembuatannya. Benar-benar jumlah dana yang fantastis untuk memproduksi sebuah film animasi layar lebar dalam negeri. Sutradara film animasi Battle of Surabaya yaitu Aryanto Yuniawan berharap filmnya dapat menjadi pelopor dan lokomotif film animasi di Indonesia yang berkualitas dan berstandar internasional.

maudy ayunda mengisi suara yumna di battle of surabaya

Film Battle of Surabaya ceritanya terinspirasi dari peristiwa 10 November 1945 ketika Indonesia sedang berkonflik dengan sekutu. Hari itu juga merupakan hari yang sangat penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang sekarang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Tokoh utamanya adalah seorang remaja penyemir sepatu bernama Musa (suaranya diisi oleh Ian Syaibani) yang pada saat itu mengemban misi penting yaitu menjadi seorang kurir pembawa pesan rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Selain pesan rahasia, ia juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya.

Dalam menjalankan misi tersebut, Musa bersama sahabatnya Yumna (suaranya diisi oleh aktris Maudy Ayunda) dan Danu (suaranya diisi oleh aktor Reza Rahardian) akan mengalami peristiwa duka yang sangat dalam. Dimana ia akan banyak kehilangan orang orang-orang yang dikasihi dan dicintainya. 

Jadi film animasi Battle of Surabaya ini tidak semata-mata bercerita tentang peperangan Surabaya. Namun juga sisi kemanusiaan yang dalam dan menyentuh. Tentu saja tetap mengobarkan semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan.

Wah jadi nggak sabar nih untuk menanti tanggal 20 Agustus 2015 untuk menyaksikan film animasi Battle of Surabaya! Apalagi momentumnya memang pas dengan perayaan 70 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia.

.