Battle Card Yu-Gi-Oh Hadir Dalam Dunia Nyata

| Oleh: Yudi | 12 Jun 2016 - 12:00 PM
6309
0
yu-gi-oh dalam dunia nyata

Yu-Gi-Oh kembali membuat kejutan. Namun kali ini bukan dengan koleksi kartu lengkap yang dipamerkan di Stasiun Shinjuku seperti bulan April lalu dalam rangka mempromosikan anime film mereka. Sebagai salah satu franchise bertemakan TCG (Trading Card Game), Yu-Gi-Oh memang termasuk dalam jajaran yang cukup sukses, baik dari sisi manga, anime maupun permainan TCG-nya sendiri.

Tanggal 30 September 1996 merupakan kemunculan Yu-Gi-Oh pertama kali dalam Weekly Shonen Jump. Sebelum dikenal sebagai anime dan TCG, Yu-Gi-Oh lebih dulu muncul sebagai judul manga karya Kazuki Takahashi. Hingga saat ini, Yu-Gi-Oh terus berinovasi, seperti dalam bentuk game.

game vr yu-gi-oh

Tim pengembang software yang menamakan diri General Heed–atau yang lebih dikenal sebagai Generalkidd di YouTube, tengah mengerjakan sebuah project bernama Yu-Gi-Oh! For HoloLens. Ini adalah sebuah game battle-card Yu-Gi-Oh dengan konsep AR (Augmented Reality) yang bisa dibilang cukup mirip dengan game smartphone Pokemon Go.

Project yang baru berjalan sekitar seminggu ini sudah mencapai tahap pre-alpha testing. Dan meskipun masih dalam tahap awal, Generalkidd terus memberikan update tentang project ini melalui blog-nya. Beberapa foto dan video saat field-test dilakukan juga turut diperlihatkan. Dengan menggunakan perangkat VR HoloLens dari Microsoft, Generalkidd berusaha mewujudkan full 3D battle-card game.

Nantinya, player atau duelist akan menggunakan VR HoloLens tersebut untuk bermain. VR ini akan menampilkan kartu Yu-Gi-Oh milik player dalam bentuk hologram yang melayang di udara. Ketika salah satu kartu dipilih, maka monster yang terdapat dalam kartu tersebut akan muncul, membuat seolah-olah player sedang melakukan summon persis seperti yang dilihat dalam anime-nya.

project yu-gi-oh for hololens

Karena masih dalam pengembangan, jadi belum diketahui bagaimana sistem battle yang akan dipakai dalam game ini. Dalam teaser terbarunya, Generalkidd memberikan foto yang sepertinya merupakan arena battle. Generalkidd juga sedang mencari sotware developer, 3D modeler atau para donatur yang berkenan diajak bekerjasama atau mendanai untuk pengerjaan project ini.

Mengingat jumlah kartu Yu-Gi-Oh yang ada saat ini mencapai lebih dari 7000 lembar, tentunya project impian para pemain TCG ini butuh waktu cukup lama untuk bisa diselesaikan. Terlebih lagi project ini sebetulnya bisa dibilang sebatas fans project karena tak memiliki lisensi khusus. Namun semua pasti setuju jika project ini layak ditunggu kehadirannya.

Berbicara soal kehadiran, ada kabar gembira buat penggemar Yu-Gi-Oh! karena Film Yu-Gi-Oh: The Dark Side of Dimensions Mulai Tayang di Indonesia Rabu Besok.

.