Batman The Murder Machine Bukanlah Gabungan Antara Batman dan Cyborg

| Oleh: Kylo | 01 Oct 2017 - 11:49 AM
487
0
komik batman the murder machine

Perhatian: Artikel ini Mengandung Spoiler Komik Batman: The Murder Machine

DC Comics saat ini lagi seru-serunya, lewat kehadiran cerita terbaru Justice League yang berjudul Dark Nights: Metal. Di kisah crossover yang berlangsung di era DC Rebirth itu, terungkap bahwa selain Multiverse, ternyata ada semesta lain yang dikenal dengan sebutan “Dark Multiverse.”

Nah, para penghuni dari Dark Multiverse tersebut berusaha menginvasi semesta utama dimana para superhero DC seperti Superman, Batman dan lain-lainnya, tinggal. Kemunculan para penghuni Dark Universe dimulai lewat komik Dark Nights: Metal edisi kedua, dimana tubuh Batman berubah portal yang menghubungkan Dark Universe dengan universe utamanya DC. Melalui tubuh the Dark Knight, Barbatos dan ketujuh pengikutnya “The Dark Knights” akhirnya berhasil menyeberang ke Earth 1.

komik batman the murder machine tak kalah seru dari batman the red death

Melalui komik “tie-in”nya, kelompok The Dark Knights dari Dark Universe itu mulai diungkap satu per satu asal usulnya. Setelah pada minggu lalu dibahas mengenai asal usul dari The Red Death, sekarang giliran asal usul dari The Murder Machine yang diungkap.

The Murder Machine awalnya, sama seperti The Red Death, adalah Batman yang berasal dari Dark Multiverse tepatnya di Earth -44. Di realita alternatif tersebut, Alfred sosok yang telah dianggap  Batman sebagai ayah itu, dihabisi secara brutal oleh Bane dan para penjahat yang biasa menjadi musuh bebuyutan dari the Dark Knight. Jika tragedi menyedihkan yang menimpa Bruce Wayne di masa kecil, membuat dirinya menjadi Batman di masa sekarang, “tragedi Alfred” malah memicunya untuk menyimpang dari jalan kebenaran dan mengubah dirinya menjadi “The Murder Machine.”

Jika the Red Death adalah sosok Batman yang tercipta dari gabungan dirinya dengan the Flash. Maka the Murder Machine adalah Batman jahat yang tercipta atas gabungan Batman dengan A.I.nya Alfred yang dibuat dengan bantuan dari Cyborg.

the murder machine di komik batman the murder machine

Jadi terungkap melalui komik Batman: The Red Death, dan Batman: The Murder Machine, ternyata para kesatria Dark Multiverse itu masing-masing mempunyai kisah asal usul yang berbeda dan unik.

Selain ceritanya yang tak kalah dramatis dari komik Batman: The Red Death, komik karya Frank Tieri, James Tynion IV dan Riccardo Federici ini mempunyai kelebihan tersendiri terutama pada bagian ilustrasinya. Ilustrasi Riccardo Federici yang bergaya sketsa itu membuat komik yang ceritanya bernuansa kelam itu, menjadi lebih mencekam dan menegangkan.

Komik tie-In Dark Nights: Metal selanjutnya adalah Batman: The Dawnbreaker karya penulis Sam Humphries dan seniman Ethan Van Sciver, yang akan dirilis digital dan fisik tanggal 4 Oktober 2017.