Bagaimana Penampakan Pokemon GO Dalam Versi VR?

| Oleh: Yudi | 16 Jul 2016 - 7:45 PM
455
0
pokemon go vr hololens

Meskipun tak sedikit berita miring menghampiri Pokemon GO, namun nyatanya kepopularan game tersebut terus memberikan inspirasi. Jika kemarin pihak Hollywood yang tak sabar untuk memproduksi film live-action Pokemon, kini giliran sebuah perusahaan inovasi muncul dengan ide dan konsep yang brilian untuk game Pokemon GO.

Jika Pokemon GO adalah game untuk smartphone berbasis Android dan iOS dengan konsep AR (Augmented Reality), maka perusahaan bernama CapitolaVR ini sedang mencoba mengembangkan game bergaya Pokemon GO yang menggunakan HoloLens (perangkat VR milik Microsoft).

demo pokemon go vr hololens

Ide dan konsep yang disampaikan oleh CapitolaVR sebetulnya sederhana, yaitu bagaimana jika game Pokemon GO bertemu dengan tekhnologi VR. Berangkat dari hal tersebut, mereka akhirnya membuat sebuah unofficial demo game VR yang bergaya Pokemon GO. Mereka juga mengunggah sebuah video yang memperlihatkan ketika salah satu stafnya melakukan uji coba game VR ini.

Dalam video tersebut memang terlihat kalau game VR ini tak berbeda jauh dengan Pokemon GO yang ada sekarang. Melalui perangkat HoloLens, kita bisa melihat beberapa Pokemon yang mondar-mandir di sekitar ruangan. Lalu dengan sedikit gerakan jari, kita bisa melempar Pokeball dan menangkap mereka. Bedanya, Pokemon dalam game VR ini terlihat lebih dinamis.

CapitolaVR menyebutkan bahwa pihaknya hanya melakukan pengembangan yang spesifik untuk Pokemon GO ala VR ini. Contohnya seperti peningkatan kontrol dengan fitur zoom in dalam melihat peta. Mereka juga berusaha mengembangkan UI (User Interface) dari game tersebut demi menghadirkan permainan yang lebih baik dan menarik dengan perangkat HoloLens.

perangkat vr microsoft hololens

“Saat ini kami tengah mengembangkan sistem interaksi yang baru untuk membuka inventori atau mengaktifkan map dengan gerakan. Kami juga berusaha menemukan cara terbaik untuk menggunakan Google Map API (Application Program Interface) dalam perangkat HoloLens.”, ujar David Robustelli selaku pemimpin CapitolaVR.

Meskipun demo dan video uji coba ini masih merupakan tahap awal, namun banyak pihak berpendapat jika Pokemon GO ala HoloLens ini yang sebetulnya lebih sesuai dengan harapan. Namun Robustelli mengatakan bahwa saat ini pihaknya tak berencana melakukan bekerjasama dengan Niantic Labs atau merilis versi asli dari game tersebut.

.