Ayo Belajar Simulasi Membuat Karakter Pixar Sekaligus Memahami Rumus Matematika

| Oleh: Willy | 31 Aug 2015 - 7:26 AM
72
0
pixar in a box

Belajar matematika buat sebagian dari kita memang bikin pusing. Apalagi kalau belajarnya cuma berurusan dengan rumus tanpa paham buat apa rumus itu digunakan dalam kehidupan. Nah bagaimana kalau kita belajar ditemani oleh karakter-karakter dalam film buatan Pixar? Wah, kayaknya bakal lebih seru, tuh!

Soalnya siapa sih yang enggak kenal film Toy Story, Monsters, Inc, Brave, Cars, Inside Out dan film-film lain buatan Pixar? Nah, asiknya Pixar bekerja sama dengan situs pembelajaran online, Khan Academy meluncurkan Pixar in a Box. Sebuah aplikasi pembelajaran matematika yang interaktif.

belajar matematika dengan pixar in a box

Kelebihannya kita tidak belajar matematika hanya sekadar belajar rumus. Namun kita berangkat dari penggunaan rumus matematika untuk diterapkan pada proses pembuatan karakter-karakter Pixar yang menggunakan teknologi 3D. Jadinya memang lebih asik.

Pixar in a Box terbagi dalam enam bagian. Yaitu Environmental Modeling, Character Modeling, Animation, Crowds, Sets and Staging, dan Rendering. Kalau dilihat-lihat, semuanya merupakan bagian dari proses pembuatan karakter Pixar.

Serunya pada tiap bagian tersebut disertakan video pendek yang menjelaskan penggunaan rumus matematika pada pembuatan film Pixar. Kerennya lagi juga ada in-browser apps yang mensimulasikan modeling program 3D. Jadi kita bisa belajar geometri rotasi pada Buzz Lightyear atau interaksi koefisien binominal. Waduh istilahnya kedengaran bikin pusing yah? Tapi kalau dicoba, malah seru, kok!

pixar in a box

Juga ada pembelajaran interaktif yang ditujukan untuk anak-anak kelas 6 SD ke atas. Namun pada umumnya penerapan matematika yang ada pada aplikasi ini dapat dimengerti oleh semua umur. Pixar in a Box makin menyenangkan karena tiap bagian yang disebut di atas masing-masing dikawal oleh seorang pekerja di Pixar. Juga ada segmen wawancara yang menjelaskan kenapa mereka tertarik kepada seni dan matematika dan bagaimana ceritanya mereka bisa bergabung dengan Pixar.

Rasa-rasanya Pixar in a Box memang bisa mendongkrak motivasi kita untuk belajar matematika. Soalnya membuka wawasan bahwa untuk bergabung di perusahaan animasi sekeren Pixar bukan hanya sekadar jago gambar tapi juga harus paham matematika.

.