ASUS Kenalkan Zenbo, Robot Kecil Calon Pengganti Asisten di Rumah

| Oleh: Yudi | 31 May 2016 - 8:15 PM
125
0
robot zenbo asus

Di era modern seperti saat ini rasanya sudah wajar jika kita mendengar kehadiran robot-robot pintar membantu atau menggantikan aktivitas sehari-hari. Sebut saja Honda yang telah lama mengembangkan robot pintar Asimo, atau Toyota dengan Partner Robot-nya. Masih banyak lagi robot-robot serupa yang diciptakan dengan fungsi-fungsi khusus, dengan tujuan sebagai asisten manusia.

Perusahaan Asus yang dikenal melalui perangkat laptop dan notebook-nya pun diam-diam telah mengembangkan robot semacam ini. Dalam event Computex 2016 Technology Expo di Taiwan kemarin, secara mengejutkan mereka turut memperkenalkan robot ciptaannya di antara produk-produk seperti tablet, notebook, dan smartphone.

fitur robot zenbo asus

Secara penampilan dan ukuran, robot yang dinamakan Zenbo ini memang bisa dibilang cukup compact dan kecil. Tubuhnya terbagi atas dua part utama, yaitu badan dan layar display. Bentuk badannya yang bulat seperti orb membuatnya terlihat menggemaskan. Ditambah lagi dengan kemampuan Zenbo untuk menunjukkan berbagai ekspresi wajahnya di layar display, dijamin akan langsung mencuri hati siapapun yang melihatnya. Mungkin kita juga akan teringat pada BB-8 Droid-nya Star Wars.

Zenbo memang tak memiliki tangan. Namun dibalik ketidaksempurnaannya tersebut, Zenbo memiliki fitur yang tak bisa diremehkan. Sebagai robot yang diciptakan untuk menjadi asisten di rumah, Zenbo dilengkapi berbagai fitur mulai dari berjalan secara bebas di sekitar rumah untuk memberi bantuan. Melalui layar display-nya, Zenbo juga dapat melihat, mengenali wajah, mengambil foto atau merekam video, melakukan video call, dan memonitor keadaan rumah.

Butuh teman mengobrol? Zenbo siap mendengar, merespon, dan menjawab semua permintaan, perintah atau pertanyaan. Zenbo juga mampu berbicara untuk mengingatkan atau memberikan informasi penting. Bahkan Zenbo bisa menemani anak-anak dan bercerita untuk mereka. Zenbo dilengkapi oleh AI (Artificial Intelligence) yang mampu mempelajari kebiasaan pemiliknya. Jadi mereka bisa memprediksi dan melakukan sesuatu secara otomatis untuk ke depannya.

tampilan robot zenbo

Kemampuan Zenbo lainnya adalah memainkan musik di manapun dalam rumah dengan suara jernih dan stereo. Kita juga bisa menghubungkan Zenbo dengan perangkat pintar yang ada di rumah, melakukan belanja online, atau berinteraksi dengan layanan online lainnya. Benar-benar seperti asisten sungguhan, kan?

Zenbo awalnya ditargetkan untuk membantu aktivitas rumahan bagi yang dihuni oleh para manula. Namun dengan seluruh fitur canggihnya, tampaknya semua kalangan bisa memilikinya. Sayangnya belum ada tanggal pasti mengenai perilisan robot yang harganya dibanderol oleh Asus sekitar 599 Dolar Amerika (sekitar Rp 8, 1 juta) ini.

.