Aplikasi Pokemon GO Untuk Apple Watch Akhirnya Dirilis

| Oleh: Yudi | 23 Dec 2016 - 3:49 PM
84
0
pokemon go untuk apple watch resmi dirilis

Dalam bulan September lalu, bersamaan dengan peluncuran iPhone 7, Nintendo akhirnya untuk pertama kalinya melakukan kerjasama dengan pihak Apple. Kerjasama ini ditandai oleh peluncuran game Super Mario Run yang sudah hadir secara ekslusif untuk perangkat iOS mulai tanggal 15 Desember kemarin. Ini adalah game Nintendo pertama yang hadir untuk Apple.

Selain game Super Mario Run, saat pengumuman tersebut juga dijelaskan tentang kehadiran aplikasi Pokemon GO untuk Apple Watch. Pihak Apple berjanji akan merilis aplikasi ini di sekitar akhir tahun 2016. Setelah menunggu hampir tiga bulan, akhirnya tanggal 22 Desember kemarin Pokemon GO sudah resmi diluncurkan untuk Apple Watch.

fitur pokemon go di apple watch

Fitur Pokemon GO yang ada di Apple Watch tentu berbeda dengan yang hadir di smartphone. Sejatinya, aplikasi Pokemon GO dalam Apple Watch lebih cenderung memberi informasi berupa notifikasi kepada player. Namun setidaknya fitur di Apple Watch ini bisa memberi informasi jauh lebih baik dan menarik ketimbang perangkat Pokemon GO Plus. Ada lima fitur yang diberikan Apple Watch untuk player Pokemon GO.

- Lamanya waktu bermain yang dicatat sebagai sesi workout.
- Menerima notifikasi jika ada Pokemon di sekitar player.
- Menghitung dan menampilkan jarak yang dibutuhkan untuk menetaskan Pokemon Egg dan menerima candy dari buddy Pokemon.
- Menerima notifikasi tentang Poke Stops terdekat dan mengumpulkan item dari mereka.
- Menerima notifiaksi jika Pokemon Rgg menetas atau mendapatkan medali.

Sayangnya Apple Watch tak bisa digunakan untuk menangkap Pokemon. Player tetap harus menggunakan smartphone mereka untuk betul-betul bermain Pokemon GO. Karena aplikasi Pokemon GO di Apple Watch ini memang didesain bagi player yang tak ingin terlalu sering mengeluarkan smartphone-nya hanya untuk mengecek berbagai status tentang perkembangan Pokemon-nya.

penampakan aplikasi pokemon go di apple watch

Untuk menambahkan Pokemon GO ke dalam Apple Watch, player terlebih dulu harus men-download aplikasinya. Karena sifatnya yang sederhana (lebih banyak menampilkan notifikasi), maka player juga cukup melakukan tapping dan swapping untuk mengoperasikan Pokemon GO di Apple Watch. Niantic Labs berharap dengan hadirnya Pokemon GO di Smart Watch akan kembali meningkatkan jumlah player.

Dalam beberapa bulan terakhir, Niantic Labs juga meluncurkan berbagai update secara bergantian dan menggandeng beberapa pihak sponsor seperti Starbucks dan Sprint untuk Poke Stops. Statistik terbaru bahkan mengatakan seluruh player Pokemon GO telah menempuh jarak sejauh 8,7 milyar kilometer dan menangkap total 88 milyar Pokemon sejak Pokemon GO pertama diluncurkan.