Akhirnya Indonesia Memiliki Sistem Rating Game Sendiri Bernama IGRS

| Oleh: Kylo | 14 Aug 2016 - 6:00 AM
224
0
indonesia game rating system

Setelah lama dinanti, akhirnya Indonesia telah memiliki sistem rating game sendiri. Sesuai dengan Peraturan Menteri No 11 Tahun 2016 yang diterbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sistem rating game di Indonesia dinamakan sebagai Indonesia Game Rating System atau IGRS.

Biasanya video game yang masuk di Nusantara menggunakan system rating dari luar negeri seperti Computer Entertainment Rating Organization (CERO) dari Jepang, Pan European Game Information (PEGI) dari Eropa dan Entertainment Software Rating Board (ESRB) dari Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

rating game indonesia dibuat berdasarkan umur

Memang sudah saatnya Indonesia memiliki system rating game, apalagi beberapa waktu yang lalu sempat ada kasus heboh mengenai Komisi Perlindungan Anak Indonesi (KPAI) yang ingin memblokir beberapa game dan game online yang ada dikarenakan sejumlah game yang ada berbahaya bagi anak-anak yang masih dibawah umur karena kontennya sarat dengan kekerasan.

Dengan hadirnya IGRS, game-game lokal dan kemungkinan juga nantinya juga game-game dari luar negeri yang akan di distribusikan di Indonesia akan diberi rating yang sesuai dengan kontennya. IGRS membuat rating berdasarkan kelompok usia, yaitu 3 tahun, 7 tahun, 13 tahun, 18 tahun, dan Semua Usia.

indonesia punya sistem rating game sendiri

Sistem klasifikasi game yang sudah ditandatangani oleh Menkominfo Rudiatara ini akan menjadi acuan utama bagi pembeli game untuk mengetahui konten apa saja yang terdapat di dalam game yang mereka inginkan. Orangtua juga bisa lebih memantau jenis-jenis game apa saja yang dimainkan oleh anaknya berdasarkan rating game yang diberikan oleh IGRS.

Saat ini masing-masing penerbit diminta untuk mendaftarkan game buatannya melalui situs www.igrs.id. Namun sayangnya situs IGRS tersebut masih dalam tahap persiapan dan belum dirilis secara resmi. Semoga dengan dibuatkan sistem rating game khusus wilayah Indonesia berarti video game sudah tidak dipandang sebelah mata lagi. Apalagi kini perkembangan video game semakin pesat bisa dilihat dari beberapa developer lokal yang unjuk kebolehan game-game buatannya di event PopCon Asia 2016 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan. Maju terus industri video game Indonesia!

.