Ada Markas Justice League di Episode Crossover Dari Serial The Flash?

| Oleh: Kylo | 01 Dec 2016 - 8:00 PM
202
0
hall of justice versi star labs

Siapa sangka, di bagian kedua dari Invansion, sebuah crossover gede-gedean dari empat buah serial superhero CW, para fans bisa menyaksikan penampakan Hall of Justice. Di episode ke-8 dari season ke-3 The Flash itu, Barry Allen mengumpulkan seluruh superhero yang ia kenal yaitu teamnya Green Arrow, Legends of Tomorrow dan Supergirl di sebuah tempat yang bentuknya sudah sangat familiar terutama bagi generasi 80an dan 90an yang pernah menyaksikan serial animasi Super Friends.

Tempat tersebut sangat mirip disainnya dengan Hall of Justice yang merupakan markas besarnya dari Justice League di serial animasi jadul yang dahulu sempat tayang di Indonesia. Di serial The Flash yang menjadi bagian dari Arrowverse ini ternyata ada sebuah gedung yang merupakan bagian dari STAR Labs yang bentuknya sangat mirip dengan Hall of Justice.

hall of justice versi animasi

Nah, bangunan yang sangat serupa dengan markasnya dari grup superhero terkuat dari serial animasi yang karakternya diambil dari DC Comics itu akan menjadi markas sementara dari The Flash, Green Arrow dan teamnya, Legends of Tomorrow dan Supergirl dalam crossover spesial yang menghadirkan musuh baru berupa ras alien yang disebut sebagai The Dominator.

Di serial animasinya, Hall of Justice digambar oleh Al Gmuer, background supervisor dari Hanna-Barbera yang mengambar bangunan ikonik tersebut dengan inspirasinya berasal dari stasiun kereta api bergaya art deco, yang sekarang telah diubah menjadi museum. Letaknya ada di wilayah Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat.

hall of justice di the flash

Selain muncul di seri animasi Super Friends, Hall of Justice juga beberapa serial animasi seperti Justice League Unlimited, Teen Titans, Batman: The Brave and the Bold dan Young Justice. Di serial komik Super Friends yang terpisah dari kontinuitas yang ada di DC Comics, Hall of Justice digambarkan berada di wilayah kota Gotham. Pada event Infinite Crisis dan One Year Later, Hall of Justice baru menjadi bagian resmi dari DC Comics lewat debutnya di issue ke-7 komik Justice League of America vol. 2. Bedanya dengan serial Super Friends, Hall of Justice disini fungsinya adalah sebagai museum superhero.

Crossover “Invansion” di empat serial superhero di channel CW dimulai dari Supergirl. Kemudian lanjut ke The Flash, Arrow dan terakhir ditutup oleh DC's Legends of Tomorrow. Crossover ini terinspirasi dari sebuah komik miniseri di tahun 1998 berjudul Invansion! yang dikerjakan oleh Keith Giffen, Bill Mantlo, Todd McFarlane dan Bart Sears.