10 Konsol Game Terbaik Sepanjang Masa

| Oleh: Yudi | 01 Nov 2015 - 2:25 PM
283
0
atari 2600, zx spectrum, commodore sx-64 dan sega mark iii

Bicara soal gaming, pasti perhatian langsung tertuju pada gameplay, grafis atau theme song. Padahal ada hal lain yang cukup menarik untuk diperhatikan, yaitu konsol dari game itu sendiri. Nah, berikut ini adalah 10 konsol game dengan desain terbaik sepanjang masa.

ATARI 2600
Mungkin sedikit kali yang tahu, pernah melihat, apalagi memiliki konsol berbasis video-computer ini. Bisa dibilang Atari 2600 adalah cikal-bakal mesin arcade game. Maklum perangkat ini pertama kali dirilis tahun 1977 dan baru diskontinyu tahun 1992. Kotak tuas dan tombol merah sebagai controller, serta panel berbentuk persegi panjang berwarna hitam dengan papan kayu di bagian bawah membuat konsol ini terasa sangat klasik.

ZX SPECTRUM
Secara teknis, konsol ini merupakan komputer. Diciptakan oleh Sir Clive Sinclair tahun 1982, ZX Spectrum dilengkapi keyboard dengan desain kompak yang memiliki striping warna seperti pelangi di bagian sisinya.

COMMODORE SX-64
Konsol jadul ini terlihat seperti seperangkat komputer dan keyboard. Desainnya sepintas menyerupai audio mobil. Diciptakan tahun 1984, SX-64 merupakan komputer berwarna porable pertama di dunia yang memiliki sistem cukup baik.

SEGA MARK III
Konsol keluaran tahun 1985 ini boleh jadi berumur tua. Namun desainnya terlihat sangat futuristik, bahkan hampir tak terlihat seperti sebuah konsol game. Sayangnya konsol ini tak pernah diproduksi di negara bagian barat. Di sana, Sega Mark III hadir dalam seri repackaged menjadi Sega Master System.

super nintendo, sega dreamcast, nintendo gamecube dan sony psx

NINTENDO SUPER FAMICOM/SUPER NINTENDO
Siapa yang tak kenal dengan konsol satu ini. Super Nintendo menjadi konsol favorit sekitar tahun 90-an dengan game andalannya seperti Super Mario Bros. Desain sederhana berbentuk persegi yang curvy dengan warna abu-abu putih, juga tombol joystick yang berwarna khas membuat konsol ini terlihat selalu menarik sepanjang masa.

SEGA DREAMCAST
Salah satu konsol dengan desain paling beda yang pernah dikeluarkan Sega. Tak seperti konsol lain yang terlihat mahal, kokoh, atau powerful, Dreamcast yang dirilis tahun 1998 ini justru terlihat sangat menyenangkan dan ceria dengan warna dasar putih dan tombol warna-warni di joystick-nya.

NINTENDO GAMECUBE
Konsol berbentuk kubus berukuran sedang dengan warna-warni menarik ini sempat menjadi primadona sekitar tahun 2001. Melalui konsol ini, lahir game-game terbaik; seperti Mario Kart.

SONY PSX
Pasti banyak yang mengira PSX sama dengan Playstation. Nyatanya, Sony betul-betul mengeluarkan konsol yang bernama PSX. PSX dirilis tahun 2003, dengan konsep menggabungkan Playstation 2 dan digital video recorder. Desainnya terlihat besar dan "gendut", namun kokoh. PSX juga dilengkapi remote. Harga yang mahal dan hanya diproduksi di Jepang membuat PSX menjadi konsol bernasib tragis dan terlupakan yang pernah dikeluarkan Sony.

panasonic 3do dan sony ps4

PANASONIC 3DO
Meskipun dianggap sebagai sebuah kesalahan dan produk gagal, namun harus diakui jika konsol ini memiliki desain yang menarik. Berbentuk persegi empat dengan tambahan ornamen lingkaran di setiap sudutnya. Perpaduan warna hitam dan emas menambah kesan sangar dari konsol ini. Sayangnya bahan utama konsol keluaran 2003 ini dibuat dari plastik.

SONY PLAYSTATION 4
Konsol terbaru keluaran Sony ini terlihat sangat superior dibanding pendahulunya atau konsol lain. Paduan warna hitam dan abu-abu tua, ditambah desainnya yang bersiku seperti balok memberi kesan powerful sekaligus elegan.

.