10 Judul Anime Terbaik Karya Studio Ghibli Yang Wajib Ditonton

| Oleh: Yudi | 03 Jan 2017 - 6:00 PM
361
0
my neighbor totoro

Di antara sekian banyak studio anime di Jepang, tentu Studio Ghibli menjadi salah satu yang paling berkesan. Kualitas anime milik Studio Ghibli memang tak perlu diragukan lagi. Mereka bahkan sering disamakan dengan Disney. Judul anime dari Studio Ghibli juga hampir selalu muncul dalam nominasi bergengsi sekelas Academy Awards, bersaing dengan film animasi barat.

Kesuksesan Studio Ghibli ini tak terlepas dari sosok Hayao Miyazaki. Meski sudah tak muda lagi, namun dedikasi beliau dalam berkarya tak pernah luntur. Di antara banyaknya judul yang dirilis Studio Ghibli, berikut adalah 10 judul terbaik yang mendapat rating di atas 90% dari situs Rotten Tomatoes.

kiki's delivery service

Princess Mononoke (1997 – 92%)
Film yang mengambil setting waktu di Jepang pada akhir periode Muromachi (1336–1573) ini bercerita tentang perjuangan seorang pangeran dalam menghadapi dewa hutan dan manusia yang menggunakan kekuatan dewa tersebut. Princess Mononoke kental dengan unsur fantasi dan memiliki cerita yang lebih kelam.

When Marnie Was There (2014 – 92%)
Ini adalah anime terbaru yang dirilis Studio Ghibli. Anime ini diangkat dari novel yang bercerita tentang pertemuan Anna Sasaki dengan gadis misterius. Gadis misterius ini meminta Anna merahasiakan pertemuan mereka. Seiring waktu bersama gadis misterius tersebut, Anna mulai mengetahui kebenaran tentang keluarganya.

My Neighbor Totoro (1988 – 93%)
Mungkin orang tak mengenal Studio Ghibli, tapi orang pasti mengenal Totoro. Kira-kira begitu gambaran popularitas anime My Neighbor Totoro. Anime fantasi ini bercerita tentang dua kakak-adik perempuan yang pindah ke rumah barunya di pedesaan dan bertemu dengan penunggu hutan yang bersahabat.

Porco Rosso (1992 – 94%)
Perang Dunia I dan Italia menjadi setting utama dalam anime ini. Diceritakan seorang pensiunan pilot pesawat tempur yang menjadi pemburu bayaran dan bertugas menangkap bajak udara di wilayah Laut Adriatic. Namun sebuah kutukan aneh menimpa dirinya dan merubahnya menjadi seekor babi. Porco Rosso berarti babi merah dalam bahasa Italia.

Arrietty (2010 – 95%)
Sekilas mengingatkan pada dongeng Thumbelina, Arrietty bercerita tentang kaum liliput yang hidup secara sembunyi-sembunyi di tembok atau lantai rumah. Mereka bertahan hidup dengan meminjam barang manusia. Shida, salah satu liliput akhirnya justru berteman dengan manusia. Dia juga berusaha agar dirinya atau keluarganya tak ditemukan manusia lain.

Kiki’s Delivery Service (1989 – 96%)
Sesuai judulnya, anime ini bercerita tentang penyihir muda bernama Kiki yang menjadi kurir. Setelah berumur 13 tahun, Kiki dan kucingnya meninggalkan rumah untuk memulai hidup sendiri. Dengan kemampuan terbangnya, dia akhirnya membuka jasa pengiriman barang. Banyak tantangan yang harus dihadapi Kiki di kota barunya tersebut.

spirited away

Grave of the Fireflies (1988 – 97%)
Bersiaplah untuk menangis jika menonton anime ini. Karena ini adalah anime Studio Ghibli yang ceritanya paling menyedihkan. Grave of the Fireflies menceritakan dua bersaudara dan keputusasaan mereka dalam bertahan hidup di bulan-bulan terakhir Perang Dunia di Jepang. Anime ini termasuk dalam film animasi perang terbaik.

Spirited Away (2001 – 97%)
Masih mengusung unsur fantasi, Spirited Away menceritakan tentang gadis kecil bernama Sen dan kedua orangtuanya yang tak sengaja mendatangi dan terjebak dalam dunia arwah. Kedua orangtua Sen dikutuk menjadi babi, sehingga dia harus berusaha mengembalikan wujud mereka serta mencari cara untuk kembali ke dunia manusia.

Only Yesterday (1991 – 100%)
Menjadi orang dewasa tak selalu menyenangkan. Hal tersebut yang kira-kira ingin digambarkan oleh anime ini. Takeo yang berumur 27 tahun mulai mengingat masa kecilnya ketika sedang berlibur. Cerita anime ini terbilang cukup membingungkan karena memang ditujukan bagi orang dewasa, terutama perempuan.

The Tales of the Princess Kaguya (2013 – 100%)
Diangkat dari cerita rakyat Jepang popular di abad ke-10, di mana seorang penebang bambu tak sengaja menemukan bayi perempuan dalam sebuah bambu. Dia membawanya pulang dan menamainya Kaguya. Kehidupan Kaguya berubah drastis ketika ayahnya menemukan emas dan harta karun yang memembuatnya menjadi seorang putri sungguhan.

Jika 10 judul tersebut dirasa masih kurang, masih ada anime Studio Ghibli lain yang tak kalah menarik. Contohnya seperti Ponyo, Howl’s Moving Castle, The Cat Returns, atau The Wind Rises. Semuanya mendapat rating di atas 85% dari Rotten Tomatoes. Dijamin anime ini tak hanya menghibur, namun juga memberi banyak pelajaran hidup.