10 Hal Yang Perlu Kamu Tau Tentang Doctor Strange

| Oleh: Kylo | 15 Oct 2016 - 7:00 PM
818
0
doctor strange sorcerer supreme

Bulan Oktober 2016 ini film Marvel Cinematic Universe, Doctor Strange, akan segera tayang di bioskop. Berbeda dengan film-film MCU lainnya, Doctor Strange akan memperkenalkan dunia supernatural yang sebelumnya ranahnya belum pernah disentuh. Sihir dan dimensi alternatif akan menjadi tema besar yang dihadirkan di film yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch itu. Diciptakan oleh Steve Ditko dan Stan Lee, karakter yang umur debutnya hanya setahun lebih muda dari Spider-Man itu memang tidak sepopuler kawan-kawannya di Marvel Comics. Makanya biar lebih kenal, berikut sepuluh hal yang kamu perlu ketahui mengenai superhero yang bergelar “Sorcerer Supreme” itu.

1. Awalnya Dr. Stephen Vincent Strange adalah seorang dokter bedah syaraf yang handal. Namun sifatnya arogan dan hanya mau melakukan operasi jika pasiennya menyanggupi biaya dalam jumlah besar yang diajukannya. Kecelakaan mobil yang merusak syaraf tangannya membuat Strange berpetualang ke seluruh dunia untuk mencari cara agar tangannya dapat kembali pulih seperti semula. Namun ia malah bertemu dengan the Ancient One di Tibet yang melatihnya ilmu-ilmu magis yang kemudian menjadikannya generasi terbaru Sorcerer Supreme of Earth.

2. Berbeda dengan superhero-superhero terkenal di Marvel Comics, Doctor Strange tidak memiliki kekuatan super atau otak yang jenius untuk mendesain baju tempur berteknologi canggih. Kelebihannya adalah menguasai berbagai ilmu sihir yang menjadikannya salah satu penyihir terkuat di muka bumi. Dengan kemampuannya ia bisa memanipulasi energi fisik atau spiritual. Rohnya bisa keluar dari badannya, teleportasi, pindah ke dimensi lain, telepati, telekinesis, memanggil mahluk dari dimensi lain dan masih banyak lainnya.

3. Selain menguasai berbagai mantera-mantera sihir, kekuatan Doctor Strange juga diperkuat oleh artifak-artifak mistis yang dimilikinya. Diantaranya ia mempunyai “The Cloak of Levitation” yang dapat membuatnya terbang, “The Book of Vishanti” yang di dalamnya berisi seluruh mantera-mantera yang ada di dunia, “The Eye of Agamotto” yang memperkuat kemampuan magisnya dan “Orb of Agamotto” sebuah bola kristal yang bisa menjadi pintu masuk ke dalam atau ke luar dari dimensi lain.

doctor strange topeng penuh

4.  Bersama dengan The Hulk, Silver Surfer dan Namor the Sub-Mariner, Doctor Strange mendirikan kelompok The Defenders yang debut di issue pertama komik Marvel Feature terbitan Desember 1971. The Defenders adalah sebuah grup superhero yang memfokuskan diri untuk melawan musuh-musuh yang memiliki kekuatan/ elemen supranatural.

5. Doctor Strange merupakan anggota dari The Illmunati. Sebuah organisasi rahasia yang beranggotakan tokoh-tokoh paling berpengaruh di Marvel Universe. Anggotanya adalah Iron Man, Namor, Mr, Fantastic, Professor X, Black Bolt dan Doctor Strange. The Illmunati tercipta atas gagasan Iron Man paska event Kree-Skrull War. Masing-masing anggotanya memegang satu buah Infinity Stones untuk menjaga agar supervillain macam Thanos tidak dapat menggunakannya. Mr. Fantastic menjaga Power Gem, Professor X menjaga Mind Gem, Doctor Strange menjaga Soul Gem, Namor menjaga Time Gem, Iron Man menjaga Reality Gem dan Black Bolt menjaga Space Gem. Keenamnya berjanji untuk tidak satu kalipun menggunakan kekuatan dari Infinity Stones.

6. Pernah pada suatu saat tampilan Doctor Strange mirip dengan Vision ataupun Silver Surfer. Itu ketika ia tampil dengan topeng yang menutupi seluruh wajahnya. Perubahan kostum ini terjadi dikarenakan ada seorang villain bernama Asmodeus yang menyamar menjadi dirinya di Bumi. Sedangkan ia sendiri terperangkap di dimensi lain. Nah, untuk meloloskan diri dari dimensi tersebut, Doctor Strange mengubah penampilannya. Alasan sesungguhnya dari perubahan kostum Doctor Strange sendiri dikarenakan penjualan komiknya yang tidak terlalu bagus.

doctor strange master of mystic arts

7. Doctor Strange nggak pernah jadi anggota Avengers. Ia memang sempat bergabung dengan grup New Avengers (bukan bagian Avengers original) di akhir event Civil War II dimana pada saat terjadi bentrok antara sesama superhero itu, Strange tidak terlibat.

8. Walau nggak terlalu populer jika dibandikan dengan komik-komik Marvel yang lain. Komik Doctor Strange mempunyai fan base yang setia dan royal. Buktinya komik Marvel Strange Tales #110 terbitan Juli 1963 yang menampilkan debut Doctor Strange itu, laku terjual hingga 61 ribu Dolar atau sekitar Rp 789 juta lebih di lelang.

9. Karakter pembantu yang terkenal di komik Doctor Strange adalah Wong, seorang pelayan yang merangkap menjadi guru bela dirinya Strange. Wong pertama kali diungkap di komik pada issue ke-110 Strange Tales di tahun 1963 namun ia baru bergabung secara fisik di issue ke-147 Strange Tales di tahun 1966. Ayah Wong, Hamir, merupakan pelayan dari gurunya Doctor Strange, the Ancient One. Doctor Strange bersama Wong tinggal di sebuah mansion di New York yang disebutnya sebagai the Sanctum Sanctorum. Alamat aslinya terletak di 177A Bleecker Street in Manhattan’s Greenwich Village neighborhood.

10. Film MCU Doctor Strange bukanlah film live-action pertamanya, Pada tahun 1978 pernah ada film televisi dalam format live-action Doctor Strange berdurasi 93 menit yang tayang di CBS. Channel sama yang menayangkan The Amazing Spider-Man dan The Incredible Hulk. Film yang dibintangi oleh Peter Hooten itu awalnya merupakan sebuah pilot dari serial televisi Doctor Strange. Namun karena saking jeleknya (mulai dari cerita dan juga kostum) akhirnya serial televisinya tidak pernah terwujud. Tahun 2007, Doctor Strange pernah diangkat menjadi sebuah film animasi berjudul Doctor Strange: The Sorcerer Supreme.