10 Hal Seru Tentang Film Pixar: Mater Aslinya Adalah Manusia

| Oleh: Joy | 06 Jun 2015 - 11:00 AM
355
0
film cars, the incredibles, toy story 3 dan wall-e

Sudah nonton semua film buatan Pixar? Sudah tau semua jalan cerita dan karakter-karakter di dalamnya? Coba tau enggak kalau Mater itu aslinya adalah manusia betulan? Makanya baca dulu yuk, yang satu ini!

Sutradara Liputan Olahraga Diboyong ke Pixar
Salah satu adegan yang paling seru di film Cars adalah adegan McQueen ketika balapan di sirkuit, Untuk menghasilkan adegan balapan seperti itu, para pembuat film di Pixar mengundang sutradara khusus liputan olahraga dan meminta nasehatnya untuk menghasilkan adegan balapan yang realistis.

Planet Sampah Hampir Jadi Judul Wall-E
Bersyukurlah akhirnya Pixar memberi judul Wall-E. Soalnya awalnya bukan itu yang terpikir oleh Pixar, melainkan judul yang terkesan agak jorok yaitu Trash Planet alias Planet Sampah. Tapi mengingat banyaknya sampah di bumi seperti yang dikisahkan dalam Wall-E sebenarnya judul tersebut masuk akal juga, cuma ya memang terkesan agak jorok.

Berburu Foto Orang Bergigi Besar
Masih ingat sama tokoh Edna di film The Incredibles? Kalau begitu, apa yang paling diingat dari Edna? Ya, benar, giginya! Nah, rupanya untuk menciptakan tokoh bergigi besar seperti Edna tersebut para animator Disney enggak main karang-karang begitu saja. Para animator tersebut sengaja memotret orang-orang bergigi besar yang ada disekitar studio Pixar! Duh jangan-jangan Edna ada manusia aslinya juga ya?

Andy Adalah Anak Sutradara Toy Story?
Buat penyuka Toy Story, pasti deh memperhatikan kalau di Toy Story, Toy Story 2 dan Toy Story 3 tokoh Andy bertambah besar. Nah, lagi-lagi untuk menciptakan tokoh Andy yang makin dewasa, para animator Pixar melakukan riset. Mereka membuat grafik perkembangan anak yang realistis agar hasilnya semirip mungkin dengan perkembangan anak normal pada umumnya. Enggak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan foto-foto perkembangan anak dari kecil hingga besar, para animator menggunakan foto-foto dari anak laki-laki John Lassester, sang sutradara. 

film keluaran pixar

Remy di Ratatouille Awalnya Bukan Yatim
Sebenarnya tokoh tikus jago masak Remy di film Ratatouille bukannya sejak awal ditakdirkan tanpa ibu. Mula-mula dia punya ibu yang bernama Desiree. Namun perkembangan cerita selanjutnya yang lebih banyak menceritakan lebih banyak hubungan Remy dengan ayahnya membuat Pixar kemudian menghapus tokoh ibu Remy ini. Wah, kasihan Remy!

Ide Finding Nemo
Orang-orang yang bekerja di Pixar memang orang-orang yang sangat kreatif. Banyak hal-hal besar dihasilkan dari kejadian-kejadian yang sepele. Percaya atau tidak Andrew Stanton and Bob Peterson mendapatkan ide untuk kelompok ikan dalam akuarium di film Finding Nemo dalam perjalanan bermobil dari kantor Pixar di Emmerville menuju studio rekaman pengisi suara Finding Nemo di Los Angeles. Hebatnya mereka langsung dapat merumuskan ide adegan tersebut dan hasilnya sudah kita lihat sendiri, kan?

Toy Story Awalnya Animasi Setengah Jam
Sebenarnya ide awal untuk Toy Story hanya ditujukan untuk dibuat menjadi film animasi dengan durasi setengah jam di televisi dalam menyambut Natal. Untunglah akhirnya cerita yang sangat menarik ini akhirnya dibuat menjadi film layar lebar.

Rumah Kakek Nenek Sutradara di Film Up
Orang-orang kreatif di Pixar sering juga memasukkan unsur-unsur pribadi ke dalam film tanpa harus menganggu jalan cerita. Misalnya saja rumah pasangan kakek dan nenek Ellie dan Carl di film Up yang bernomor 18 ternyata sama dengan nomor rumah kakek dan nenek Peter Docter, sang sutradara.

Jeritan di Monsters Inc
Kalau pernah nonton film Monsters Inc, kita pasti ingat suara jeritan anak-anak, kan? Rupanya suara itu bukan datang dari pengisi suara profesional yang dibayar. Melainkan suara jeritan anak-anak dari para animator Pixar. Mereka merekam suara jeritan tersebut adalam acara “Bring Your Kid To Work Day" atau acara mengajak anak-anak ke tempat kerja.

Mater Aslinya Adalah Manusia
Riset adalah hal yang tak bisa dilepaskan dari pembuatan film-film Pixar. Untuk membuat film Cars, sutradara John Lassester berkunjung ke banyak sirkuit balap NASCAR. Di Charlotte Motor Speedway, John Lassester bertemu dengan seorang fans berat balap NASCAR bernama Douglas "Mater" Keever. Cara dia memperkenalkan diri sangat khas, persis seperti cara Mater memperkenalkan diri di film Cars ("My name's Ta-Mater, but without the Ta"). Dari situlah John Lasssester akhirnya membuat tokoh bernama Mater lengkap dengan perilaku mirip Douglas “Mater” Keever.

.