10 Fakta Menarik Captain America: Ternyata Pernah Dipecat Pemerintah!

| Oleh: Kylo | 02 May 2016 - 7:46 AM
1555
0
tameng captain america

Siapa yang tak kenal dengan superhero dengan lambang bintang di dada dan tamengnya ini? Dialah Captain America. Awalnya Steve Rogers hanya pemuda biasa yang kurus dan sering sakit-sakitan. Namun setelah ia mengikuti program Operation: Rebirth, tubuhnya menjadi tinggi juga kekar dan memiliki kemampuan maksimal yang bisa dilakukan manusia. Berikut sepuluh fakta menarik mengenai superhero yang diciptakan oleh Joe Simon dan Jack Kirby tahun 1940 itu.

Tameng pertama Captain America bentuknya enggak bundar seperti yang kita lihat di film Captain America: Civil War sekarang. Melainkan seperti perisai. Namun karena desainnya terlalu mirip dengan simbol yang ada di dada dari tokoh superhero The Shield, akhirnya bentuknya diubah menjadi bundar seperti yang kita kenal sekarang.

kostum lain captain america

Selain menjadi superhero Captain America, Steve Rogers ternyata juga memiliki bakat ngomik. Sebelum berubah menjadi seorang superhero ia awalnya adalah seorang seniman dan penulis komik.

Steve Rogers pernah beberapa kali berganti identitas sebagai superhero lain selain Captain America karena berbagai alasan. Dia pernah menjadi Nomad, The Captain, The Ex Patriot, The Cap Armor dan Steve Rogers Super Soldier.

Pada tahun 1986 serum super-soldier yang berada didalam tubuhnya bermutasi hingga menyebabkan dirinya lumpuh. Agar tetap bisa beraksi sebagai Captain America, Steve Rogers menggunakan armor khusus “The Cap Armor” yang didesain oleh Tony Stark.

Captain America sempat dipecat oleh Pemerintah Amerika Serikat dan digantikan oleh John Walker. Karena hal tersebut akhirnya ia menganti kostumnya dengan kostum baru yang didominasi warna hitam tanpa lambang bintang di tamengnya. Steve Rogers bertransformasi menjadi The Captain.

cap wolf

Hingga saat ini telah ada tiga orang yang telah menjadi Captain America resmi. Mereka adalah Steve Rogers, Bucky Barnes alias Winter Soldier dan Sam Wilson alias The Falcon. Bucky menjadi Captain America ketika sahabatnya Steve Rogers tewas terbunuh paska event Civil War di komik Captain America #25 (2007). Sedangkan The Falcon menjadi Captain America terbaru di komik Captain America and The Mighty Avengers #25 (2015) ketika serum super-soldier di tubuh Steve Rogers terkuras habis. Efeknya mengubah Steve menjadi pria biasa dengan fisik yang setara dengan orang yang telah berusia 60 tahun lebih. Tapi selain mereka bertiga juga ada beberapa orang lainnya yang sempat menjadi Captain America walau hanya selama beberapa saat saja yaitu Spirit of ‘76, The Patriot, William Burnside dan U.S. Agent.

Seperti yang sudah diketahui, palunya Thor tidak bisa diangkat oleh sembarang orang. Hanya mereka yang memiliki pikiran yang jernih dan hati yang mulia yang dapat mengangkatnya. Captain America ternyata pernah  mengangkat palu Mjolnir di komik Thor #390 (1988) untuk menolong sang Dewa Petir dari Dewa Seth dan pasukannya.

Jika Wolverine dikenal sebagai Weapon X maka Captain America adalah Weapon I. Selain mereka berdua, ada beberapa orang lagi yang menjadi bagian dari program Weapon Plus yaitu Hunter in Darkness (Weapon II), Skinless Man (Weapon III), Patriot (Weapon IV), Warhawk (Weapon V), Luke Cage (Weapon VI), Nuke (Weapon VII), Justice (Weapon VIII) dan kakaknya Wolverine, Romulus (Weapon XI).

Walau di filmnya Captain America disebut sebagai the First Avengers tapi kenyataan di komiknya ia bukanlah pendiri dari grup superhero tersebut. Pendiri aslinya adalah Ant-Man, the Wasp, Iron Man, Thor dan Hulk. Ia baru diundang untuk bergabung di komik Avengers #4 setelah Avengers menemukannya dalam sebuah bongkahan es.

Captain America sempat berubah menjadi werewolf, karena injeksi sebuah serum oleh Nightshade, ratunya werewolf. Cap Wolf (nama dari Captain America versi werewolf) kemudian bertarung dengan Wolverine. Pertarungan berakhir dengan kemenangan Cap Wolf.

.