10 Barang Koleksi Termahal Buatan Jepang: Ada Yang Tembus Rp 100 Milyar!

| Oleh: Yudi | 15 Jan 2016 - 4:15 PM
1330
0
koleksi termahal di jepang

Bicara soal barang koleksi, biasanya memang harganya cukup mahal. Tapi kesepuluh barang buatan Jepang ini sangat fantastis harganya. Bahkan beberapa di antaranya termasuk dalam daftar mainan termahal di dunia.

10. Ultraman Spacium Ray Premium Grade (525 ribu Yen/sekitar Rp 59 Juta)
Action figure Ultraman termahal dalam sejarah. Maklum dilengkapi batu safir asli di dada Ultraman dan dibuat untuk memperingati ulang tahun ke-50 Tsuburaya Production. Bikin tambah mahal, proses pembuatannya hand made dan hanya diproduksi 50 buah saja

9. Figure Megumi Katou ukuran asli (1.9 juta Yen/sekitar Rp 233 juta)
Sebetulnya tak ada yang istimewa dari figure ini, selain berukuran sesuai karakter aslinya dan jumlah produksi yang terbatas (hanya 10 buah). Figure dari tokoh anime Saenai Kanojo do Sodatekata setinggi 158 sentimeter dan berat 28 kilogram ini akan dijual di Saekano Shop yang terletak di Tokyo Anime Center, Akiba. Toko terbatas ini hanya buka dari tanggal 13 Januari hingga 24 Januari 2016. Membelinya pun harus memakai undian.

8.Gameboy berlapis emas dan berlian (25 ribu Dolar/sekitar Rp 346 juta)
Handheld yang booming di era 90-an ini mungkin paling bersinar, sekaligus paling berat karena dilapisi emas dan berlian. Meski bisa dimainkan dan berfungsi normal, tapi rasanya akan berakhir menjadi pajangan karena terlalu sayang untuk dimainkan.

7. Patung emas Godzilla (Enam juta Yen/sekitar Rp 674 juta)
Untuk merayakan ulang tahun serialnya yang ke-60, DeAgostini membuat sebuah diorama yang dihuni oleh Godzilla dan musuh bebuyutannya, King Ghidorah. Kedua Kaiju tersebut dibuat dari emas padat dan hanya diproduksi sebanyak enam buah.

koleksi termahal di jepang

6. Kartu Pokemon Illustrator (100 ribu Dolar/sekitar Rp 1 milyar)
Harganya sangat fantastis untuk selembar kertas! Namun bagi penggila TCG (Trading Card Game), kartu kelas premium yang digambar oleh Atsuko Nishida tahun 1997 ini adalahi impian. Kartu Pokemon Illustrator ini tak pernah dicetak dalam bahasa Inggris, hanya dicetak sebanyak enam lembar dan hanya lima lembar yang dijual. Awalnya hanya diberikan kepada pemenang kontes ilustrasi Pokemon Card Game. Selain kartu ini, ada beberapa kartu lain dengan harga setara. Sebut saja kartu Black Lotus dari seri Magic The Gathering.

5. Gundam RX-78-2 Fix Platinum (30 juta Yen/sekitar Rp 3.5 milyar)
Kerjasama Bandai dengan perusahaan perhiasan Ginza Tanaka menghadirkan Gundam RX-78-2 dari 1400 gram titanium asli ditambah berlian 0,15 karat di bagian mata dan kameranya. Gundam setinggi 125 mm dan berbobot 1kg ini terdiri dari 89 bagian dan butuh dua tahun pengerjaan. Merasa kemahalan? Ada juga versi emasnya seharga 20 juta Yen (sekitar Rp 2,3 milyar).

4. Nintendo Wii Supreme (487 ribu Dolar/sekitar Rp 6.8 milyar)
Yang membuat konsol ini sangat mahal adalah lapisan emas yang beratnya mencapai 2500 gram dan tiga tombol dari berlian yang berkilau. Padahal bagian dalamnya tak beda dengan Wii U biasa.

3. Kuda-kudaan emas (400 ribu Poundsterling/sekitar Rp 8.1 milyar)
Umumnya kuda-kudaan terbuat dari kayu, plastik, atau resin. Namun untuk menyambut kelahiran anak pertama pasangan artis Jay-Z dan Beyonce Knowles, mereka meminta perusahaan perhiasan Ginza Tanaka untuk membuat kuda-kudaan emas ini.

baang koleksi termahal di jepang

2. Kalender Star Wars dari emas (100 juta Yen/sekitar Rp 11.2 milyar)
Kalender persegi panjang ini berbahan emas murni dengan berat mencapai 10 kilogram. Dengan tinggi sekitar satu meter, kalender ini juga menjadi kalender emas terbesar dalam sejarah. Perusahaan perhiasan Ginza Tanaka membuat kalender ini menyambut peluncuran film Star Wars: The Force Awakens tanggal 18 Desember 2015 lalu.

1. Kartu Yu-Gi-Oh! Stainless Steel Black Luster Soldier (998 juta Yen/sekitar Rp 100 milyar)
Siapa sangka jika barang koleksi termahal asal Jepang justru diraih oleh selembar kartu. Kartu berbahan stainless steel ini memang hanya dibuat satu lembar untuk diberikan kepada pemenang turnamen Yu-Gi-Oh! pertama di tahun 1999. Kartu ini dijual dalam situs cardcollectors.jp dan disertai beberapa kartu langka lain serta selembar sertifikat bagi calon pembelinya.

Itulah sepuluh barang buatan Jepang yang memiliki harga bahkan melebihi sebuah mobil mewah atau rumah. Jika diperhatikan, yang membuat mereka begitu mahal adalah bahan dasarnya dan tingkat kelangkaan karena jumlah produksi yang sangat terbatas. Nah, jika kalian memiliki banyak uang, kira-kira mana yang akan kalian beli?

.